Komisi IV DPRD Sumbar Sidak PLTU Ombilin, Rico Alviano: Banyak Masyarakat yang Mengeluhkan Abu

fernando, 14 Jan 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

SAWAHLUNTO-Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat lakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa tempat. Salah satunya ke PLTU Ombilin Desa Sijantang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sabtu (11/1/2020).

Sebagaimana laporan dari masyarakat banyak mereka yang mengeluhkan adanya abu dari PLTU. Maka Komisi IV DPRD Sumbar yang dihadiri oleh Desrio Putra, Rico Alviano, Mario Syah Johan, Taufik Syahrial lakukan sidak dan mendatangi lokasi untuk meninjau langsung penumpukan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) abu dari limbah PLTU tersebut.

Rico Alviano mengatakan, "dari data yang diterima dari PLTU ada sebanyak 400 ribu metrik ton abu limbah B3 dari tahun 2016 yang belum mereka angkut. Tapi baru dalam kurun waktu 3 bulan ini mereka dapat angkut debu tersebut  sekitar 190 ribu ton. Jadi space TPS tersebut sudah berkurang dan sudah ada tempat penumpukan baru lagi karena memang sudah terangkut yang berjarang 4 km dari lokasi tambang," terang Rico Alviano, ST anggota DPRD Sumbar Fraksi PKB.
 

"Saya juga telah sampaikan kepada pihak PLTU dimana mereka berjanji dalam tahun 2020 ini telah selesai pindahkan abu tersebut. Kami dari komisi IV DPRD Provinsi Sumbar juga menyarankan kepada manajer PLTU untuk memperhatikan dan memberikan kompensasi kepada masyarakat. Seperti pemberian nutrisi untuk dapat menambah daya tahan tubuh masyarakat sekitar yang terdampak abu PLTU tersebut," tambah Rico Alviano.

(FY)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu