Lomba Film Pendek Pelajar Nganjuk Tahun 2017, Lahirkan Sineas-Sineas Muda Berbakat

WARTAJATIM.COM: NGANJUK - Geliat pertumbuhan kreatifitas dunia sinematografi di Kabupaten Nganjuk mulai terlihat. Minggu (26/8) bertempat di Gedung Dinas Pariwisata, Pemuda, Olah Raga, dan Budaya Daerah Nganjuk digelar Penganugerahan Juara Lomba Film Pendek Pelajar Se Kabupaten Nganjuk. Lomba Film Pendek Pelajar Nganjuk Tahun 2017 (LFP2Ngk2017) ini merupakan event terbesar di Nganjuk yang pertama kalinya digagas oleh Komunitas Film Nganjuk “SUDUT LENSA” dengan bekerjasama dengan DISPARPORABUD Kabupaten Nganjuk. Sudut Lensa sebagai komunitas film ingin membuat ikon acara agar para sineas Nganjuk mempunyai wadah berkarya dan mempunyai kebanggaann di kotanya sendiri

Lomba ini telah dimulai bberap bulan lalu  dengan menggelar workshop film bagi pelajar yang diharapkan calon maupun peserta lomba nantinya akan mendapatkan pemahaman serta bimbingan yang baik dari Pakar sinematografi sebelum mereka memulai produksi film agar menghasilkan karya film pendek yang berkualitas. Lomba ini di bagi melalui tiga kategori fiksi, dokumanter, dan drama. Lomba yang mengambil tema “Sejarah, Kebudayaan, dan Pariwisata Nganjuk Sang Kota Angin“ ini disambut Antusias generasi muda/pelajar  mengingat semngat yang ditunjukkan peserta mulai dari pendaftaran hingga puncak malam penganugerahan juara lomba.

Salah satu panitia Lfp2ngk2017 Nissa menuturkan gelaran lomba ini merupakan wujud dedikasi dan semngat yang ditunjukkan oleh generasi muda terhadap dunia perfilman di Nganjuk. Rasa haru dan menjadi inspirasi dalam kegiatan ini, Terdapat salah satu peserta lomba yang saat di malam dateline penutupan pendaftaran mendaftar menggunakan uang pendaftaran dalam bentuk recehan koin dan pecahan Rp. 2000 hingga mendatangi rumah salah satu panitia agar bisa ikut lomba film. 
Malam penganugerahan digelar secara sederhana dan tanpa gelegar peralatan yang memadai, mengingat even tersebut murni dilaksnakan dan  didanai dari kegiatan sosial sudutlensa. Acara dimulai jam 15.00 wib dengan suguhan budaya tradisional asli Nganjuk Tari Salepok, stand up comedy, dan Band Musik. Sebagian besar talent yang tampil merupakan anggota sudutlensa.

Tamu yang hadir pada acara ini adalah Puji Yohana selaku seniman senior, Junaedi Iksan Sanjaya (Ketua APFAL), Catur Marjuki (Ketua Anjuk Ladang Cinematografi/ALC), Rizal Cahyarama (Ketua ANJUKUSTIK), Adib Riza dari Nganjuk Kota Bayu dan perwakilan dari Nganjuk Runners.

Ketua ALC ikut bangga dan terharu melihat kiprah dan semngat generasi muda SUDUT LENSA yang menggelar acara sebagus ini dengan anggaran yang minim dukungan namun memilki output karya yang luar biasa dan berharap semoga lomba ini menjadi awal kebangkitan film indie di nganjuk untuk melahirkan sineas-sineas muda yang nantinya bisa berlaga di ajang nasional maupun internasional.

Jumlah peserta yang mengikuti LFP2N tahun 2017 sebanyak 14 grup yang berasal dari Nganjuk dan Kediri.Tahapan pejurian dimulai tanggal 20 agustus 2017 pnitia melakukan kurasi internal untuk mencari 5 besar yang diajukan kepada dewan juri  hingga pada malam puncak juri melakukan seleksi tahap akhir untuk menentukan pemenang

Pemenang lomba diraih film “JATIDIRI NGANJUK” dari SMAN KERTOSONO sebagai Juara 1 diserahkan oleh Ketua Panitia Dargo Aji Saputro (Ketua Panitia LFp2ngk2017), Juara 2 fim “Eksplore Nganjuk” dari SMAN 2 Nganjuk diserahkan oleh Adrian Friatna (Dewan Juri LFP2NGK2017), Juara 3. Film The Hidden Bahari  SMAN 3 NGANJUK diserahkan oleh Ishak Suryo Laksono (Dewan Juri LFP2NGK2017) dan Penyerahan simbolis JUARA FILM FAVORIT LFP2NGK2017 Oleh Choirun Nissa (Ketua Acara) kepada perwakilan kru film "EXPLORE NGANJUK" SMAN 2 NGANJUK. (Kuswanto)