Anis Byarwati Harap Pemerintah Perhatikan UMKM Agar Bisa Bangkit Pasca Pandemi

    Anis Byarwati Harap Pemerintah Perhatikan UMKM Agar Bisa Bangkit Pasca Pandemi
    Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati

    JAKARTA - Setelah lebih dari dua tahun diterjang pandemi Covid-19, kini Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia mulai menunjukan geliat kebangkitannya. Hal ini didukung dengan tren penurunan kasus dan aktivitas masyarakat yang juga mulai kembali pada rutinitas sebelumnya, termasuk aktivitas di sektor perkantoran. Menanggapi hal ini, Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati mengungkapkan dukungannya berharap pemerintah dapat lebih memperhatikan UMKM.

    “Mulai pulihnya aktivitas perkantoran turut mendorong kawasan kuliner dan UKM kembali ramai dan tentu ini memberikan semangat bagi pelaku UKM yang berdagang di kawasan itu. Kita bersyukur  pedagang kembali bangkit, pengunjung sudah banyak yang datang. Kita dukung untuk bangkitnya para UMKM kuliner ini, " kata Anis, Kamis (21/4/2022).

    Anis mengungkapkan salah satu kesulitan yang dihadapi oleh UMKM adalah sulitnya mendapatkan modal usaha. Ia juga mengatakan jika banyak pelaku usaha khususnya usaha mikro yang belum tersentuh bantuan dari pemerintah. “Banyak dari para pelaku usaha khususnya yang mikro belum tersentuh bantuan dari  pemerintah, baik soal pelatihan, pembinaan apalagi permodalan, ” ujar Wakil Ketua BAKN DPR RI tersebut.

    Terkait dengan pembiayaan UMKM, pemerintah telah memiliki skema Kredit Usaha Kecil (KUR) yang dicanangkan sejak 2007. KUR merupakan salah satu program pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan kepada UMKM yang disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan. Sayangnya, menurut Anis, program ini masih memiliki beberapa kendala sehingga tidak mudah diakses UMKM.

    “Menanggapi hal itu (KUR) misalnya banyak para pelaku usaha mikro yang kreditnya ditolak oleh bank karena usahanya belum bankable, banyak juga dari UKM binaan kita yang bahkan tidak tersentuh oleh bantuan pemerintah, " tegas Anggota Dewan dari daerah pemilihan DKI Jakarta I itu.

    Dilansir dari situs resmi Sekretariat Kabinet RI, Presiden RI Joko Widodo menargetkan sebanyak 20 juta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat masuk atau onboarding ke lokapasar atau marketplace pada tahun 2022. Menanggapi hal ini, Anis berharap agar pemerintah dapat terus menyosialisasikan programnya sehingga UMKM dapat terlibat dan langsung merasakan manfaatnya.

    "Memang ada peningkatan usaha ke arah digital tapi baru sekitar 10 juta UMKM, belum semuanya, saya berharap pemerintah terus memberikan sosialisasi informasi yang cepat dan tepat terkait kebijakan pemerintah agar dapat diserap manfaatnya oleh para pelaku UMKM, " pungkas Anis. (uc/sf)

    Anis Byarwati PKS DPR RI KOMISI XI
    POLITISI.ID

    POLITISI.ID

    Artikel Sebelumnya

    Heri Gunawan Nilai Kenaikan Harga Kurangi...

    Artikel Berikutnya

    Sudin: Kembalikan Syarat Rekomendasi Teknis...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Agung widodo verified

    Steven

    Steven verified

    Postingan Bulan ini: 0

    Postingan Tahun ini: 0

    Registered: Sep 21, 2020

    Nanang Suryana Saputra

    Nanang Suryana Saputra verified

    Postingan Bulan ini: 0

    Postingan Tahun ini: 10

    Registered: Sep 21, 2020

    Ryawan Saiyed

    Ryawan Saiyed verified

    Postingan Bulan ini: 0

    Postingan Tahun ini: 0

    Registered: Sep 21, 2020

    Saharudin

    Saharudin verified

    Postingan Bulan ini: 0

    Postingan Tahun ini: 0

    Registered: Sep 21, 2020

    Follow Us

    Recommended Posts

    Adde Rosi Khoerunnisa Usul RUU Narkotika Atur BUMN Ikut Serta Bangun Panti Rehabilitasi Narkoba
    Sudin Minta Kementan Buka Data Asal Muasal Penyebaran PMK
    Intan Fauzi Dukung Pengembangan Obat Herbal Dalam Negeri
    Haerudin Ingatkan Pemerintah Perhitungkan Rencana Vaksinasi PMK
    Puan Maharani: Awasi Ketat Harga Minyak Goreng di Pasaran!