banner
banner

Budisatrio Djiwandono Dorong Sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah untuk Optimalkan Pelabuhan Tanjung Adikarto

Budisatrio Djiwandono Dorong Sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah untuk Optimalkan Pelabuhan Tanjung Adikarto
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Budisatrio Djiwandono

YOGYAKARTA - Pelabuhan Pendaratan Ikan Tanjung Adikarto di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belum beroperasional dengan optimal. Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Budisatrio Djiwandono mengatakan akan membawa permasalahan ini dalam Rapat Kerja agar kegiatan nelayan dapat berjalan tanpa hambatan.

“Bangunan dan fasilitas lainnya di lokasi ini sudah baik, tinggal kita optimalkan saja dan benahi kekurangannya. Kita akan dorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk bersinergi agar lokasi ini semakin ramai aktivitas perikanannya, ” kata Budi di sela-sela memimpin Tim Kunker Reses Komisi IV DPR RI meninjau dermaga dan breakwater Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto, Kulon Progo, DIY, Minggu (11/4/2021).

Budi menilai Pelabuhan Tanjung Adikarto memiliki nilai tambah karena berdekatan dengan Bandara Internasional Yogyakarta. “Pelabuhan Tanjung Adikarto adalah salah satu pelabuhan nelayan strategis yang berada di selatan Pulau Jawa dan merupakan tempat pendaratan nelayan dari Kulon Progo sampai Kebumen, " ujarnya.

Politisi Partai Gerindra ini menegaskan, aktivitas hulu hingga hilir dapat dilakukan di Pelabuhan Tanjung Adikarto ini, karena produk perikanan dapat langsung diproses untuk komoditas ekspor. Selain itu pelabuhan tersebut juga dapat dikelola sebagai tempat wisata karena bersebelahan dengan Pantai Glagah.

"Kalau permasalahan pendangkalan ini tuntas, investor pasti akan masuk di sini yang tentu saja dapat meningkatkan pendapatan negara. Saya yakin dan optimis Bapak Menteri (Kelautan dan Perikanan) Trenggono memiliki manajerial yang bagus, sehingga Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto dapat segera operasional, " kata legislator dapil Kalimantan Timur itu.

Sementara itu, Plt. Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan M. Zaini mengatakan selama ini kendala sedimentasi jalur lintasan kapal perikanan di Pelabuhan Tanjung Adikarto. “Sudah sekian lama pelabuhan perikanan ini dibangun, namun belum operasional dengan optimal. Bapak Menteri telah menugaskan kami untuk mempercepat proyek ini, bersamaan dengan rehabilitasi beberapa gedung bangunan yang akan dimulai tahun ini, " ujarnya. (opi/sf)

DPR RI KOMISI IV Budisatrio Djiwandono
banner
POLITISI.ID

POLITISI.ID

Previous Article

Netty Prasetiyani: Pemerintah Harus Jelaskan...

Next Article

Lisda Hendrajoni: Rawan Bencana, Sumbar...

Related Posts

Peringkat

Profle

Update verified

Sumartono

Sumartono

Postingan Bulan ini: 3

Postingan Tahun ini: 3

Registered: Nov 15, 2020

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 1

Postingan Tahun ini: 1

Registered: Sep 25, 2020

POLITISI.ID

POLITISI.ID verified

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 205

Registered: Jul 9, 2020

Steven

Steven verified

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Update verified

Hasannudin Wahid Usulkan Menparekraf ‘Work From’ Dieng
Sudewo: Kegagalan Konstruksi Tol Jawa Harus Jadi Bahan Evaluasi
Sari Yuliati Prihatin Masih Ada Hiburan Malam yang Beroperasi di Masa Pandemi
Komarudin Watubun Dukung Penguatan Lembaga HAM di Papua
banner

Follow Us

banner