Dede Yusuf Minta JIS Beri Standar Dua Kali Lipat dalam Bangun Pagar Pembatas

    Dede Yusuf Minta JIS Beri Standar Dua Kali Lipat dalam Bangun Pagar Pembatas
    Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf

    JAKARTA - Belum lama ini diberitakan terjadi insiden robohnya pagar pembatas di Jakarta International Stadium (JIS), di Jakarta Utara, pada Minggu (24/7/2022). Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf meminta pihak pengelola stadion, khususnya JIS, untuk memberikan standar yang dua kali lipat dalam pembangunan pagar pembatas antara suporter dan lapangan.   

    Menurut politisi Partai Demokrat tersebut, standar ganda perlu diterapkan dalam pembangunan pagar pembatas di seluruh stadion di Indonesia. Mengingat, antusias penggemar atau supporter sepak bola yang ada di tanah air.

    "Saya pikir dalam perencanaan berikutnya harus dibuat pagar yang double standard. Karena kita tahu antusias suporter kita kadang berlebihan. Sehingga safety harus lebih baik daripada estetika, " kata Dede, Senin (25/7/2022).   

    Selain itu, berkaca pada kasus-kasus terkait sebelumnya, Dede memandang bahwa manajemen keamanan di stadion memang perlu ditingkatkan.

    “Catatan penting kejadian yang sempat memakan korban di GBLA adalah karena faktor pintu yang tidak dibuka semua, juga sektor keamanan lainnya. Ini harus jadi pembelajaran dalam sistem management flow dan konstruksi, " pungkas legislator daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat II itu.   

    Sebelumnya, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengungkapkan, salah satu penyebab robohnya pagar pembatas tribun utara JIS, yakni jumlah penonton melebihi kapasitas. VP Corporate Secretary PT Jakpro Nadia Diposanjoyo mengatakan, penumpukan penonton dalam satu lokasi yang tidak sesuai kapasitas mengakibatkan tidak berjalannya prosedur yang sudah direncanakan untuk area tribun. Sehingga, perilaku penonton tidak terkendali dan mengakibatkan adanya tindakan di luar kontrol petugas di lapangan. (hal/sf)

    dede yusuf dpr ri komisi x demokrat
    Updates

    Updates

    Artikel Sebelumnya

    Guspardi Gaus Nilai Kampanye di Kampus Perlu...

    Artikel Berikutnya

    Novita Wijayanti Apresiasi Progres Pembangunan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Tony Rosyid:  Tidak Ada Pilihan Bagi PKS Selain Anies Baswedan
    Saiful Chaniago: Ekonomi Sebagai Pilar Kebangkitan Nasional Indonesia Emas
    Peduli Bencana Galodo Sumatera Barat, Hakim Agung Mahkama Agung RI Terjun Langsung  Lokasi Terdampak
    Bantu Korban Bencana Alam, Ketua PN Batusangkar Liena, S.H., M.Hum Dirikan  Dapur Umum
    Perilaku Overconfident dan Efek Disposisi di Bursa Efek Indonesia

    Ikuti Kami