Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, Optimis Indonesia Bisa Terbebas dari Resesi

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, Optimis Indonesia Bisa Terbebas dari Resesi

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengatakan dirinya memiliki rasa optimis bahwa Indonesia bisa terbebas dari resesi.

"Kalau nanti pada kuartal III pertumbuhan ekonomi Indonesia membaik, maka Indonesia tidak resesi, " kata Airlangga saat acara Kampanye Penggunaan Masker di Stadion Utama GBK (Gelora Bung Karno) Senayan, Jakarta, Minggu (30/8/2020).

Lebih lanjut Menko Perekonomian menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan resesi adalah terjadinya pertumbuhan yang semakin memburuk selama dua kuartal berturut-turut. Jadi kalau nanti pertumbuhannya ada perbaikan itu tidak bisa dibilang resesi.

"Meski ekonomi RI pada kuartal III-2020 nanti masih tercatat minus, tapi ada perbaikan dan tidak sedalam kuartal II-2020 yang minus 5, 32 persen, maka bisa dibilang Indonesia tidak mengalami resesi, " tegas Airlangga.

Ia menambahkan, pada kuartal III-2020 ekonomi Indonesia diprediksikan tumbuh di rentang minus 1, 0 persen hingga minus 2, 0 persen. Karenanya, pemeritah terus berupaya agar ekonomi RI bisa tumbuh lebih baik dari capaian kuartal sebelumnya.

"Pemerintah akan terus melakukan penyaluran bantuan sosial untuk memdorong perbaikan lertumbuhan ekonomi, " ujarnya. (***)

NASIONAL EKONOMI
POLITISI.ID

POLITISI.ID

Ketua DKPP, Muhammad: Integritas Pilkada 2020 Harus Diutamakan Previous Article

Ketua DKPP, Muhammad: Integritas Pilkada 2020 Harus...

Rico Alviano Hadirkan Tokoh Adat Bahas Permasalahan Adat di Sawahlunto Next Article

Rico Alviano Hadirkan Tokoh Adat Bahas Permasalahan...

Related Posts