Ahmad Sahroni: Penting bagi Masyarakat untuk Merasakan Pemilihan Langsung Kepala Daerah Tanpa Intimidasi

Ahmad Sahroni: Penting bagi Masyarakat untuk Merasakan Pemilihan Langsung Kepala Daerah Tanpa Intimidasi
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni

JAKARTA - Pada 9 Desember 2020 ini, Provinsi Sumatera Utara ini akan menyelenggarakan Pilkada serentak di 23 kabupaten/kota se-Sumatera Utara. Untuk itu, kesiapan pengamanan yang akan dilaksanakan oleh Polda Sumut perlu benar-benar dipastikan karena Pilkada 2020 ini akan dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni saat memimpin rapat kerja tim kunjungan kerja spesifik Komisi III DPR RI dengan Kapolda Sumut beserta jajaran, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumut dan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumut, di Mapolda Sumut, Medan, Kamis (12/11/2020).

“Karena menurut kami sangat penting bagi masyarakat untuk merasakan pemilihan langsung kepala daerah, proses demokrasi ini dimana tidak terjadi intimidasi dan hal-hal yang tidak diinginkan, ” jelasnya. Disamping itu Polda Sumut wajib mewujudkan masyarakat nyaman, damai, tidak mudah diadu domba, dan sebagainya. 

Politisi Partai NasDem ini menegaskan, semua pihak tanpa terkecuali memiliki kewajiban yang sama untuk menjaga agar pesta demokrasi tahun 2020 ini berjalan sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan. Pada dasarnya demokrasi merupakan implementasi dari kedaulatan rakyat, oleh sebab itu Komisi III DPR RI perlu memastikan persiapan keamanan pesta demokrasi itu berjalan aman bebas tanpa tekanan dan hal ini menjadi tanggung jawab semua pihak.

Dalam pertemuan itu, politikus dapil DKI Jakarta III itu mengimbau kepada tiga lembaga yang menjadi mitra kerja Komisi III DPR RI tersebut (Polri, Kejaksaan dan Kemenkumham) agar menjaga netralitas dalam mengawal Pilkada 2020 yang akan datang. Dengan menjaga netralitas penegak hukum, tentunya sama dengan menjaga kualitas dari pelaksanaan Pilkada itu sendiri.

“Dengan menjaga netralitas kepolisian, kejaksaan dan Aparatur Sipil Negara (ASN), sama artinya kita menjaga kualitas pilkada kita. Tentu kalau pilkadanya berjalan dengan aman dan menjaga netralitas Kepolisian, Kejaksaan dan ASN, maka proses demokrasi itu bisa menghasilkan kepala daerah yang berkualitas baik, ” harap Sahroni.

Dirinya meyakini seluruh pihak yang terlibat dalam mengawal pelaksanaan Pilkada nanti, sudah memahami posisi dan tanggung jawabnya masing-masing. “Tentunya kita berharap seluruh pihak yang bertanggung jawab kepada suksesnya Pilkada 2020 pada 9 Desember yang akan datang dapat mengawal seluruh proses yang berjalan sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku, ” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Sumut Irjen Pol. Martuani Sormin menyatakan, pihaknya telah memerintahkan seluruh anggota Polri supaya menjaga netralitasnya. Apabila ada personil yang kedapatan tidak netral maka akan dikenakan sanksi disiplin dan kode etik. Polda Sumut sudah siap mengamankan dan menjaga proses demokrasi tersebut. Stabilitas keamanan di masyarakat sudah terjaga dengan baik dan kondusif. “Karena Polda Sumut melaksanakan  pengamanan Pemilihan Kepala daerah secara profesional dan netral, ” tandasnya.

Kunjungan Komisi III DPR RI ke Polda Sumut juga diikuti oleh Anggota Komisi II lainnya yaitu, Marinus Gea, Bambang DH (Fraksi PDI - Perjuangan), Adde Rosi Khoerunnisa (F-Golkar), Romo HR. M Syafi'i, Bambang Haryadi (F-Gerindra), NM. Dipo Nusantara Pua Upa (F-PKB), Hinca IP Panjaitan (F-Demokrat), Nazaruddin Dek Gam, Mulfachri Harahap (F-PAN) dan Arsul Sani, (F-PPP). (***)

Ahmad Sahroni DPR RI NASDEM
POLITISI.ID

POLITISI.ID

Previous Article

Syarifuddin Suding: Perlu Kerja Sama Lintas...

Next Article

Lisda Hendrajoni: Rawan Bencana, Sumbar...

Related Posts

Peringkat

Profle

Update verified

POLITISI.ID

POLITISI.ID verified

Postingan Bulan ini: 29

Postingan Tahun ini: 233

Registered: Jul 9, 2020

Narsono Son

Narsono Son verified

Postingan Bulan ini: 3

Postingan Tahun ini: 3

Registered: Sep 22, 2020

Ryawan Saiyed

Ryawan Saiyed verified

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 2

Registered: Sep 22, 2020

Sumartono

Sumartono

Postingan Bulan ini: 1

Postingan Tahun ini: 3

Registered: Nov 15, 2020

Profle

Ryawan Saiyed verified

Sebelum Diperpanjang, Puan Maharani Minta Pemerintah Sampaikan Evaluasi PPKM Darurat
Rofik Hananto: Pemerintah Diminta Manfaatkan Momentum Kenaikan Harga Batu Bara
Rencana PPKM Darurat 6 Minggu, Muhaimin Iskandar Minta Pemerintah Perhatikan Masyarakat
Ito Anjarini DPRD Banyumas Lakukan Penyemprotan Disinfektan Di Sokaraja Kidul

Follow Us

Recommended Posts

Puan Maharani: ASN Harus Proaktif, Terdepan Menjadi Solusi
Fikri Faqih: Asesmen Nasional Berbau Politis dan SARA
Heri Gunawan: Jangan Lupakan Hak Rakyat Saat PPKM Diperpanjang
Dukung Perbankan Syariah, Anis Byarwati Ajak BI Jaga Iklim Ekonomi dan Sosial
Digitalisasi Siaran TV, Rachel Maryam Sayidina Minta Kominfo Tidak Tergesa-Gesa