Lisda Hendrajoni Usul Pemerintah Perkuat Peran BNPB dalam Penanganan Bencana

    Lisda Hendrajoni Usul Pemerintah Perkuat Peran BNPB dalam Penanganan Bencana
    Anggota Komisi VIII DPR RI Lisda Hendrajoni

    JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR RI Lisda Hendrajoni mengusulkan agar pemerintah memperkuat peran, dan menambah anggaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sehingga dalam menangani suatu bencana alam menjadi lebih maksimal. Ia menilai usulan tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap penanggulangan bencana di Indonesia.

    “Komisi VIII mengusulkan penguatan BNPB. Kami melihat masih banyak kekurangan mulai dari perencanaan, sumber daya manusia, sistem kontrol dan informasi serta penganggaran, ” sebut Lisda dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI bersama Menteri Sosial Tri Rismaharini di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin (17/5/2021).

    Politisi Partai NasDem ini menyampaikan, peran BNPB dalam menangani bencana masih lemah terutama dalam hal anggaran. Sehingga mengakibatkan kurangnya sosialisasi di tengah masyarakat, padahal menurutnya setiap daerah memiliki potensi bencananya masing-masing. Ia mengatakan dengan anggaran tersebut juga dapat mengurangi risiko bencana.

    “BNPB ini masih lemah terutama anggarannya, sehingga mengakibatkan kurangnya sosialisasi di tengah masyarakat, apalagi Indonesia ini kan rawan bencana. Jika sudah begini masyarakat akan bingung apalagi ketika bencana datang mereka tidak tahu harus apa, sehingga akan memakan korban jiwa. Padahal jika sosialisasinya tepat, risiko bencana akan dikurangi, bahkan juga menghilangkan” sebut Lisda.

    Legislator dapil Sumatera Barat I itu mengharapkan agar dalam rapat dengan Menteri Sosial ini, tanggapan maupun aspirasi Anggota Komisi VIII DPR dapat diserap dengan baik, terutama usulan dalam memperkuat suatu kelembagaan salah satunya ialah BNPB. (tn/sf)

    Lisda Hendrajoni DPR RI KOMISI VIII NASDEM
    Update

    Update

    Artikel Sebelumnya

    Wartiah: Pemerintah Pusat Perlu Optimalkan...

    Artikel Berikutnya

    Novita Wijayanti Apresiasi Progres Pembangunan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Peduli Bencana Galodo Sumatera Barat, Hakim Agung Mahkama Agung RI Terjun Langsung  Lokasi Terdampak
    Bantu Korban Bencana Alam, Ketua PN Batusangkar Liena, S.H., M.Hum Dirikan  Dapur Umum
    Perilaku Overconfident dan Efek Disposisi di Bursa Efek Indonesia
    Ketua PN Batusangkar Terjun Langsung Pantau Situasi Terkini dan  Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir dan Sukarelawan
    Cawabup Banyumas, Iwan Mujianto tidak Akan Ambil Gajinya Jika Terpilih

    Ikuti Kami