banner
banner

Sudin: PT Pertani dan PT Sang Hyang Seri Agar Lebih Fokus Tingkatkan Produksi Bibit Jagung dan Kedelai

Sudin:  PT Pertani dan PT Sang Hyang Seri Agar Lebih Fokus Tingkatkan Produksi Bibit Jagung dan Kedelai
Ketua Komisi IV DPR RI Sudin

JAKARTA - Ketua Komisi IV DPR RI Sudin menegaskan PT Pertani dan PT Sang Hyang Seri (SHS) agar lebih fokus melaksanakan pembibitan jagung dan kedelai dibandingkan hanya beras. Padahal, saat ini Indonesia sedang kesulitan memperoleh bibit jagung dan kedelai. Dirinya menyayangkan jika Pertani dan SHS tetap lebih memilih untuk menyalurkan benih padi di Indonesia.

“Kenapa sih susah-susah tanam beras? Yang paling gampang, di Indonesia itu kekurangan bibit benih jagung dan kedelai. Mengapa anda (Pertani dan SHS, red) tidak siapkan? Jadi kembalikan (pada fungsi Pertani dan SHS) seperti dulu lagi, ” tegas Sudin dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait ketersedian dan pengadaan pangan strategis dengan para direksi BUMN Pangan, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Rabu (19/5/2021).

Sebelumnya, Dirut Pertani Maryono memaparkan realisasi penyaluran benih padi inbrida sebesar 13.865 ton dengan total droping sebanyak 8.350. Senada dengan Pertani, Dirut SHS Karyawan Gunarso menjelaskan empat program kerja SHS tahun 2021 nantinya juga fokus pada pembenihan padi.

Menanggapi hal tersebut, Sudin menilai jika Pertani dan SHS tetap teguh menjalankan pembibitan padi saja, maka akan membuang potensi besar kedua BUMN untuk hasil yang tidak signifikan. “Siapkan bibit kedelai dan bibit jagung. Indonesia sangat kekurangan itu. Kalau misalnya, tahun ini menyiapkan pembibitan jagung dan kedelai. Maka Insya Allah hasil bibit bisa terserap Kementerian Pertanian di tahun 2022 nanti, ” terangnya.

RDP ini dihadiri Dirut PT. Rajawali Nusantara Indonesia; Dirut PT. Berdikari; Dirut PT. Sang Hyang Seri; Dirut Pertani; Dirut PT. Garam; Dirut PT. Perikanan Nusantara; Dirut Perum Perikanan Indonesia tidak hanya membahas ketersediaan dan pengadaan pangan strategis, namun juga membahas penggabungan  enam perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pangan di antaranya PT Pertani dan PT Sang Hyang Seri. Rencananya, setelah penggabungan entitas ini, akan dibentuk induk perusahaan (holding). (ts/sf)

Sudin DPR RI KOMISI IV
banner
POLITISI.ID

POLITISI.ID

Previous Article

Syahrul Aidi Ma’zat Harap Pemerintah Konsisten...

Next Article

Lisda Hendrajoni: Rawan Bencana, Sumbar...

Related Posts

Peringkat

Profle

Update verified

Sumartono

Sumartono

Postingan Bulan ini: 3

Postingan Tahun ini: 3

Registered: Nov 15, 2020

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 1

Postingan Tahun ini: 1

Registered: Sep 25, 2020

POLITISI.ID

POLITISI.ID verified

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 205

Registered: Jul 9, 2020

Steven

Steven verified

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Update verified

Hasannudin Wahid Usulkan Menparekraf ‘Work From’ Dieng
Sudewo: Kegagalan Konstruksi Tol Jawa Harus Jadi Bahan Evaluasi
Sari Yuliati Prihatin Masih Ada Hiburan Malam yang Beroperasi di Masa Pandemi
Komarudin Watubun Dukung Penguatan Lembaga HAM di Papua
banner

Follow Us

banner